5 Kiper Termahal di Dunia Sepanjang Sejarah


Sebagian besar catatan transfer banyak dipecahkan dari para pemain lini tengah atau depan nyatanya kiper juga menarik dinantikan. Pada musim panas lalu Manchester City memastikan perekrutan Ederson Moraes dari Benfica. Kiper berusia 23 tahun itu didatangkan City dengan biaya mencapai 40 juta Euro.

Harga tersebut tentu sangat mahal untuk ukuran seroang kiper. Namun rupanya masih ada kiper yang lebih mahal daripada Ederson. Berikut adalah daftar lima kiper termahal di dunia hingga saat ini.

1. Gianluigi Buffon


Di musim panas 2001 Juventus membuat kejutan dengan membeli seorang kiper dengan harga super mahal 53 juta Euro dari Parma. Sosok yang mengejutkan itu adalah Gianluigi Buffon yang kala itu berusia 23 tahun. Namun penandatanganan tersebut terbukti sangat berharga dan Buffon terus mencetak lebih dari 600 penampilan untuk klub di semua kompetisi.

Buffon tak hanya pandai menjaga gawang tapi juga sosok yang setia. Bersama Alessandro Del Piero, David Trezeguet, Pavel Nedved, dan Mauro Camoranesi ia tetap setia mendampingi Juve bermain di Serie B karena kasus Calciopoli di tahun 2006. Hingga kini belum ada yang bisa menggeser Buffon dari puncak kiper termahal di dunia.

2. Ederson


Kiper asal Brasil ini memang menjadi fenomena bersama Benfica di musim 2016-17 lalu. Ia tampil konsisten dan mampu menggusur kiper senior Julio Cesar ke bangku cadangan. Kiper 23 tahun ini membantu Benfica mengamankan dua gelar musim itu dan kemampuannya dalam membaca bola tidak ada bandingannya di Portugal.

Kemapuannya yang bagus sebagai kiper ditambah skill membagi bola yang apik membuat Pep Guardiola tertarik memboyongnya ke Etihad Stadium. Tak tanggung-tanggung Manchester City rela mengeluarkan dana 40 juta Euro untuk kiper berusia 23 tahun ini.

3. Manuel Neuer


Bayern Munchen bisa dibilang sangat beruntung mendapatkan sosok kiper seperti Neuer hanya dengan biaya 24 juta Euro dari Schalke di tahun 2011. Untuk kiper sekelasnya, harga itu sangat murah. Neuer sendiri bisa meniru Oliver Kahn sebagai ikon di Bayern dan telah membantah banyak keraguan.

Dia dianggap sebagai salah satu andalan timnas Jerman dan juga merupakan pemenang Piala Dunia. Dengan Refleks luar biasa, kemampuan membaca permainan yang mumpuni, jago menahan tendangan penalti, dan ekpresi yang mengintimidasi seluruhnya dimiliki oleh Neuer. Selain itu Neuer juga piawai dalam memulai serangan dari lini paling belakang.

4. David De Gea


Manchester United membayar 22 juta Euro untuk mengikat David De Gea dari Atletico Madrid pada 2011. Harga yang cukup mahal memang untuk pemain yang saat itu masih sangat belia. Awal karier De Gea di Old Trafford juga tak berjalan mulus. Sejak saat itu kiper Spanyol itu tidak pernah menoleh ke belakang dan terbukti menjadi aset tak ternilai bagi MU.

5. Claudio Bravo


Kiper asal Chile ini didatangkan Manchester City dari Barcelona pada musim panas lalu. Tak main-main untuk kiper berusia 33 tahun ini The Citizens rela merogoh kocek hingga 20 juta Euro. Kedatangan kiper asal Cile itu membuat Joe Hart yang berstatus kiper utama Manchester City harus dipinjamkan.

Namun penampilannya bersama Manchester City di musim 2016-17 jauh dari harapan. Ia seringkali melakukan blunder dan digeser Willy Caballero dari posisi kiper utama. Kiper berusia 34 tahun itu pun dianggap sebagai salah satu pembelian terburuk City dan membuat Guardiola memilih mendatangkan Ederson pada musim panas lalu.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.