Inilah Negara Negara Dengan Gelar Juara Piala Dunia Terbanyak


Kejuaraan Piala Dunia dalam olahraga sepak bola merupakan salah satu kompetisi paling bergengsi dan terbesar yang diselenggarakan oleh FIFA selaku badan pengatur sepak bola dunia. Kejuaraan Piala Dunia diikuti oleh setiap negara yang merupakan anggota dari FIFA. Kejuaraan ini diselenggarakan setiap empat tahun sekali dan sudah berlangsung sejak tahun 1930.

Format turnamen ini diikuti oleh 32 tim dari setiap negara yang sebelumnya telah berhasil lolos lewat babak kualifikasi yang dilaksanakan di setiap benua kecuali benua Australia yang ikut kualifikasi di benua Asia. Pada penyelenggaraan kejuaraan piala dunia tahun 2014 lalu, Jerman berhasil keluar sebagai juara dan juga menambah jumlah gelar juara Piala Dunia yang telah berhasil mereka peroleh yaitu sebanyak 4 kali. Berikut ini adalah negara-negara yang meraih gelar juara Piala Dunia terbanyak sepanjang sejarah.

1. Brazil


Di peringkat pertama sebagai negara pemenang gelar juara Piala Dunia terbanyak sepanjang sejarah ditempati oleh Brazil. Tim yang dikenal dengan julukan "Tim Samba" ini berhasil meraih gelar juara dalam kejuaraan Piala Dunia sebanyak 5 kali. Perolehan ini menjadikan mereka sebagai negara yang mampu menobatkan diri sebagai pemegang gelar juara Piala Dunia terbanyak sepanjang sejarah sepak bola hingga saat ini.

2. Italia


Di peringkat kedua ditempati tim nasional sepak bola Italia. Tim yang dikenal dengan julukan "Gli Azzuri" ini berhasil merebut gelar juara dalam kejuaraan piala dunia sebanyak 4 kali. Prestasi gemilang yang mampu dicatatkan oleh mereka ini tentunya tidak terlepas dari peran para pemain-pemain hebat yang pernah mereka miliki. Sebut saja Paolo Rossi, Buffon, Cannavaro, Totti, Pirlo, Del Piero dan masih banyak lagi nama-nama lainnya yang mampu memberikan kontribusi yang besar bagi negara tersebut untuk meraih gelar juara Piala Dunia.

3. Jerman



Diperingkat ketiga ada Tim nasional Jerman yang dikenal dengan julukan "Die Mannschaft" ini berhasil menjuarai kejuaraan piala dunia sebanyak 4 kali seperti Italia. Terakhir kali Jerman berhasil merebut gelar Piala Dunia yaitu pada tahun 2014 lalu yang dilaksanakan di Brazil.  Prestasi mengesankan yang mampu mereka catatkan ini tidak terlepas dari peran para pemain-pemain yang pernah mereka miliki seperti Jurgen Klinsmann, Franz Beckenbauer, Phillip Lahm, Miroslav Klose,Toni Kroos, Thomas Muller, Mesut Oezil dan masih banyak lagi.

4. Argentina



Selanjutnya di peringkat keempat ada Argentina yang dikenal dengan julukan "Tim Tango" ini berhasil merebut gelar juara dalam kejuaraan piala dunia sebanyak 2 kali. Terakhir kali Argentina berhasil merebut gelar juara Piala Dunia yakni pada tahun 1986 di Meksiko. Argentina pada pergelaran Piala Dunia 2014 lalu nyarih menambah gelar juara Piala Dunia mereka menjadi 3 kali. Namun sayang Argentina harus mengakui keunggulan Jerman usai ditaklukan dengan skor tipis 1-0 lewat gol yang dicetak Mario Gotze pada menit ke-113.

5. Uruguay


Di peringkat kelima negara pemenang gelar juara piala dunia terbanyak sepanjang sejarah ditempati oleh tim nasional sepakbola Uruguay. Tim yang dikenal dengan julukan "La Celeste" ini berhasil merebut gelar juara piala dunia sebanyak 2 kali. Uruguay juga dikenal sebagai negara penyelenggara kejuaraan Piala Dunia untuk pertama kalinya tepatnya pada tahun 1930 lalu. Terakhir kali mereka mampu meraih gelar tersebut 1950 yang dilaksanakan di Brazil setelah terjadinya perang dunia II.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.