Italia dan 4 Negara Besar yang Gagal Tampil Di Piala Dunia 2018


Timnas Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018 setelah kalah agregat 0-1 dari timnas Swedia pada play-off Zona Eropa. Kegagalan itu merupakan yang pertama bagi Gli Azzurri dalam kurun 60 tahun terakhir. Italia terakhir kali gagal tampil di Piala Dunia pada tahun 1958 yang berlangsung di Swedia. Bahkan usai kegagalan melaju ke Piala Dunia 2018, Gianluigi Buffon, Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini dan Daniele De Rossi memutuskan gantung sepatu dari Timnas Italia.

Sepanjang sejarah Gli Azzurri 18 kali berlaga di Piala Dunia. Jumlah itu sama dengan Jerman dan hanya kalah dari Brasil yang telah 20 kali lolos ke ajang tersebut. Italia juga enam kali lolos ke final dan memenangi empat di antaranya. Italia dan Jerman merupakan negara yang paling sering memenangi Piala Dunia setelah Brasil yang merengkuh lima trofi.

Namun Italia bukan satu-satunya negara langganan yang gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Berikut ini merupakan empat negara lain yang gagal tampil di Piala Dunia 2018:

1. Belanda


Belanda mencatatkan rekor negatif setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Belanda tak bisa berbuat banyak di Grup A Kualifikasi Zona Eropa. Tim Oranye hanya finis di posisi tiga di bawah Prancis dan Swedia. Catatan itu membuat mereka absen pada dua turnamen besar secara berturut-turut. Sebelumnya Arjen Robben dan kawan-kawan juga gagal lolos ke Piala Eropa 2016.

Padahal Belanda tiga kali menjadi juara kedua Piala Dunia. Bahkan di dua penampilan terakhir di Piala Dunia Belanda tampil memukau. Setelah finis di posisi dua Piala Dunia 2010 Belanda menyelesaikan turnamen di posisi tiga Piala Dunia 2014.

2. Chile


Sepak bola Chile memang tengah bangkit dalam satu dekade terakhir. La Roja berhasil juga menjuarai Copa America 2015 dan 2016 dengan mengalahkan Argentina pada dua edisi tersebut. Tidak hanya itu Chile juga berhasil menempati urutan kedua Piala Konfederasi 2017. Alhasil kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 mengejutkan publik Chile meski memiliki pemain sekaliber Claudio Bravo, Arturo Vidal hingga Alexis Sanchez.

Terlebih kepastian Chile gagal lolos baru terjadi pada laga terakhir. Hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos saat bertemu Brasil di laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Conmebol, Chile justru harus takluk 0-3. Uniknya Brasil selalu jadi negara yang mengakhiri kiprah Chile di Piala Dunia dalam tiga edisi terakhir.

Di Piala Dunia 2010 Brasil mengalahkan Chile 3-0 di 16 besar. Empat tahun berselang Brasil kembali mengalahkan La Roja  via adu penalti dengan skor 3-2 di babak 16 besar. Sementara di Kualifikasi Piala Dunia 2018 Brasil menggagalkan ambisi La Roja tampil di putaran final setelah menang 3-0.

3. Kamerun


Kamerun merupakan negara Afrika yang paling sering tampil di Piala Dunia. Secara keseluruhan Les Lions Indomptables tujuh kali berlaga pada ajang tersebut. Namun Kamerun hanya menempati peringkat ketiga Grup B kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Afrika. Kamerun kalah bersaing dengan Zambia dan Nigeria.

4. Amerika Serikat


Bersama Meksiko, Amerika Serikat berhasil mendominasi kawasan Amerika Utara. Kedua negara itu bergantian menjuarai Piala Emas Concacaf. Situasi itu membuat AS kerap diunggulkan pada setiap kejuaraan di wilayah tersebut. Alhasil kegagalan AS tampil di Piala Dunia 2018 membuat banyak pihak mengernyitkan dahi.

Amerika Serikat hanya menempati peringkat kelima klasemen akhir kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Amerika Utara. Padahal Amerika Serikat minimal harus menempati peringkat keempat untuk tampil di Rusia. Catatan itu menghentikan kesuksesan AS yang selalu lolos ke Piala Dunia sejak 1990. Secara keseluruhan mereka 10 kali bermain pada ajang empat tahunan tersebut.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.